Silahkan Cari yang anda inginkan

Wednesday 24 July 2013

BELAJAR PHYTON

Masih pemula di Python? Bingung ingin memulai belajar Python darimana dulu? Jika ya, berarti Anda wajib membaca tulisan ini. Jangan lupa senyum dulu…CHEESSEE!



Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang bertanya kepada saya, “Mas, kalo mau belajar pemrograman Python enaknya darimana dulu ya?”. Mungkin pertanyaan ini juga sering kita jumpai ketika ada seseorang ingin belajar bahasa pemrograman baru. Menurut saya, untuk mempelajari bahasa pemrograman sangatlah mudah yang penting kita tahu kuncinya. Dan setiap bahasa pemrograman pasti memiliki kunci yang sama…yang sering disebut dengan 7 ELEMEN DASAR PEMROGRAMAN. Nah, ketujuh elemen ini hampir selalu ada dalam setiap bahasa pemrograman.
Berikut ini sedikit saduran dari modul saat kuliah Fisika Komputasi oleh Bpk. Johanis A. Rampisela yang menjelaskan tentang 7 Elemen Dasar Pemrograman.
7 ELEMEN DASAR PEMROGRAMAN
Suatu program dibuat untuk mencari sebuah solusi dari suatu masalah. Solusi ini dicari dengan cara mengolah informasi atau data. Sebagai seorang programmer kita harus:
  • Memasukkan informasi ke dalam program — input.
  • Menyiapkan tempat untuk menyimpan informasi — data.
  • Memberikan perintah yang tepat untuk pengolahan data — operation.
  • Mengeluarkan kembali data yang telah diolah kepada pengguna — output.
Kita juga bisa menyusun beberapa perintah, sehingga:
  • Ada yang dijalankan hanya jika memenuhi syarat tertentu (atau sejumlah syarat) — conditional execution.
  • Ada yang dilakukan berulang-ulang — loops (iterative execution).
  • Ada yang dipecahkan menjadi bagian-bagian kecil yang bisa dijalankan dari beberapa tempat — subroutine.
Nah, bagaimana bahasa pemrograman Python mengaplikasikan ke 7 Elemen Dasar Pemrogaman di atas? Berikut ringkasan singkatnya,

(1) INPUT

Input berarti membaca sesuatu dari I/O unit, misalkan keyboard. Pada bahasa Python untuk menerima masukan dari pengguna (user), kita dapat menggunakan metode input() dan raw_input().
Penjelasan lengkap ada disini.

(2) DATA

Data dapat berupa konstanta, variabel, dan struktur yang berisi bilangan, kalimat, ataupun alamat memori. Penjelasan tentang tipe data ada pada numerik, string, list, tuple, dan dictionary.

(3) OPERATION

Operation akan mengubah suatu nilai menjadi nilai lain, mengkombinasikan nilai, dan membandingkan nilai. Yang termasuk operator diantaranya adalah operator Aritmatika dan Assignment.

(4) OUTPUT

Output berarti menuliskan informasi ke layar, ke disk, atau ke salah satu I/O unit. Untuk menuliskan output program, Python 2.x menggunakan print, sedangkan pada Python 3.x menggunakan fungsi print().

(5) CONDITIONAL EXECUTION

Conditional Execution berhubungan dengan sejumlah perintah yang akan dijalankan jika kondisi tertentu dipenuhi. Python menggunakan pernyataan if...elif...else yang dibahas detail disini.

(6) LOOP

Loop berhubungan dengan sejumlah perintah yang akan dikerjakan beberapa kali, selama beberapa kondisi dipenuhi atau sampai suatu kondisi terpenuhi. Python menggunakan pernyataan for dan while untuk melakukan loop (pengulangan).

(7) SUBROUTINE

Subroutine adalah sekumpulan perintah yang bisa dijalankan dari setiap tempat dalam program dengan cara memanggil namanya. Python menyebutnya fungsi atau metode. Tata cara penulisan fungsi atau metode di Python yaitu dengan menggunakan pernyataan def nama_fungsi().

YES!…Inilah langkah awal yang menurut saya perlu dipelajari dahulu untuk seorang newbie (pemula). Selamat Menikmati Hidup Baru dengan Python!

Salam PythonMania!

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, komentar anda berharga bagi saya...oke browww

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, komentar anda berharga bagi saya...oke browww

SMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNGSMKN 1 BOJONGPICUNG